organisasi menurut para ahli
•
Menurut
ERNEST DALE:
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang
meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubunngan kerja dari
orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
•
Menurut
CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang
masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan
pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan
kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
•
Menurut
KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural,
sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan
yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
Wq
v CIRI-CIRI ORGANISASI:
•
Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai
pola interaksi yang ditetapkan.
•
Dikembangkan
untuk mencapai tujuan
•
Secara
sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
•
Instrumen
sosial yang mempunyai batasan
yang secara relatif dapat diidentifikasi
1. Teori
Organisasi Klasik
•
Teori Organisasi Klasik=Teori Tradisional atau Teori
Mesin
•
Berkembang mulai 1800-an (abad 19)
•
Teori ini menggambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi
serta memberikan petunjuk mekanistik struktural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.
•
Dikatakan teori
mesin karena organisasi ini menganggap manusia bagaikan sebuah onderdil yang setiap saat bisa dipasang dan
digonta-ganti sesuai kehendak pemimpin
Teori
Klasik berkembang dalam 3 Aliran:
a) BIROKRASI Teori yang Dikembangkan dari Ilmu Sosiologi
b) ADMINISTRASI Teori yang Langsung
dari praktek manajemen,memusatkan
Aspek Makro dari sebuah
organisasi.
c) MANAJEMEN ILMIAH Langsung dari praktek manajemen
memusatkan Aspek Mikro sebuah organisasi.
•
Semua teori
diatas dikembangkan sekitar tahun 1900-1950.
•
Pelopor
teori ini kebanyakan dari sebuah negara berbentuk kerajaan “Mesir, Cina
& Romawi”.
TEORI Organisasi klasik Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
1)
Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu
pengetahuan.
2)
Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
3)
Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara
ilmiah perlu intregasikan.
4)
Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat
manajemen ilmiah
- Teori
Neo Klasik
•
Teori Neoklasik
disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”
•
Teori ini
muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan
penyempurnaan teori klasik.
•
Teori ini
menekankan pada “pentingnya aspek
psikologis dan sosial karyawan sebagai individu
ataupun kelompok kerja”.
Teori Modern
•
Teori ini
muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu
klasik dan neoklasik
•
Teori
Modern sering disebut dengan teori “Analiasa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang
memadukan antara teori klasik dan neoklasik
•
Teori ini melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa
dipisahkan
•
Organisasi
bukan sistem tertutup yang berkaitan
dengan lingkungan yang stabil akan tetapi,
•
Organisasi
merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin
survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan
lingkungan
Karekteristik-karekteristik
birokrasi menurut Max Weber:
ü Pembagian kerja
ü Hirarki wewenang
ü Program
rasional
ü Sistem Prosedur
ü Sistem Aturan hak kewajiban
ü Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal
TEORI MODERN vs TEORI KLASIK
Ø Teori Klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan Teori
Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih
menyeluruh.
Ø Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori
Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak
variable yang dipertimbangkan.
Komentar
Posting Komentar